Pages

Sunday, June 2, 2019

Petasan Resmi Dilarang dalam Perayaan Idul Fitri di Mesir

Liputan6.com, Kairo - Seperti perayaan Idul Fitri setiap tahunnya, banyak anak-anak Mesir mulai berburu petasan untuk dinyalakan di Hari Kemenangan.

Adalah hal yang lumrah bagi masyarakat Mesir untuk menyalakan petasan di hari-hari istimewa, tidak terkecuali pada saat Lebaran.

Dikutip dari Egypt Today pada Minggu (2/6/2019), petasan biasanya dinyalakan saat malam takbiran dan petang pertama Idul FItri, sebagai cara anak-anak mengekspresikan kegembiraan mereka.

Namun, banyak dari mereka yang tidak tahu bahwa petasan kini termasuk benda ilegal di Mesir, yang ketetapan hukumnya telah disahkan pada 2018 lalu.

Bahkan, banyak pula orang tua yang tidak menyadari adanya aturan tersebut, sehingga kerap membiarkan anak-anaknya bermain petasan di luar rumah.

Tidak tanggung-tanggung, status petasan disejajarkan dengan bahan peledak yang membutuhkan lisensi khusus untuk menyalakannya.

Pengadilan Kasasi Mesir merujuk pada Pasal 102 (a) KUHP yang menetapkan bahwa siapa pun yang memiliki, membuat atau mengimpor bahan peledak sebelum ia memperoleh lisensi, akan dihukum maksimal penjara seumur hidup.

Padahal, petasan telah lama menjadi bagian dari tradisi perayaan Idul Fitri di Mesir, meskipun kerap kali memicu kegaduhan dan juga berisiko sebabkan kebakaran.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2Wi6Qaj

No comments:

Post a Comment