Pages

Tuesday, October 16, 2018

1 Potret Kebaikan Berbuah Penjelajahan Inspiratif Tanah Flores

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung tema "Your Daily Kindness", sejumlah fotografer amatir dan profesional mengikuti lomba foto DBS Life More Society: Photo Competition 2018. Setelah melalui seleksi, terpilih Agus Kurniawan sebagai pemenang pertama yang berhak mengikuti penjelajahan ke Flores.

"Saya bersyukur bisa menjadi pemenang. Ternyata diantara sekian foto yang ada foto hasil jepretan saya yang ditetapkan oleh dan juri sebagai pemenang," ujar Agus fotografer profesioanal yang bermukim di Mataram, Lombok, NTB, saat ditemui di Larantuka, pada Jumat, 12 Oktober 2018.

Penjelajahan dimulai dari Larantuka, berlanjut ke Pulau Solor, Maumere, dan berakhir di Ende yang berlangsung selama empat hari tiga malam. Destinasi yang didatangi juga tak biasa. Salah satunya adalah mendatangi ibu-ibu penganyam yang dibimbing oleh Du'Anyam di Desa Wuloblolong, Pulau Solor.

Du'Anyam adalah wirausaha sosial yang memproduksi dan mengirimkan kerajinan anyaman untuk pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan kesehatan wanita di pedalaman Indonesia, di antaranya di NTT, Kalimantan Timur, dan Papua. Kunjungan ke ibu-ibu tersebut karena mereka dianggap inspiratif.

Selain para ibu penganyam, Agus juga berkesempatan menemui Maria Loretha, petani yang membudidayakan sorgum di Rumadu, Flores Timur. Sorgum merupakan sumber karbohidrat potensial pengganti beras yang cocok tumbuh di tanah Flores.

Ada pula Yohanes Lewonawang Hayeng, seorang pengumpul madu hutan dengan konsep lestari serta istrinya Hemiliana Nirong Tukan perajin anyaman daun lontar. Selain itu, ada Anfonsa Horeng, seorang pelestari tenun ikat Flores Lepo Lorun di Desa Nita, Maumere, untuk belajar mengenai proses tenun ikat yang terkenal hingga ke mancanegara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Keindahan Alam dan Budaya Flores Barat

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2QROBkB

No comments:

Post a Comment