Pages

Tuesday, October 16, 2018

8 Fakta Menarik Astronaut Neil Armstrong yang Tak Diungkap Film First Man

Ketika Armstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins mendarat di Bulan menggunakan Apollo 11 milik NASA, diperkirakan 500 juta pemirsa televisi dari seluruh dunia terpaku pada mereka, sebab penonton menyaksikan peristiwa ini melalui siaran langsung.

Saat berada di Bulan, Armstrong sempat berucap, "Ini adalah sebuah langkah kecil bagi manusia, satu lompatan besar bagi umat manusia (That’s one small step for man, one giant leap for mankind)."

Namun kalimat yang dimaksud bukan seperti itu. Ucapannya seperti menyinggung misi pendaratan tanpa awak pertama di Bulan milik Uni Soviet, Luna 2, yang dilakukan pada 13 September 1959.

Menurut kosmonaut itu, ia cukup yakin yang dikatakan adalah, "Ini adalah sebuah langkah kecil untuk seseorang, satu lompatan besar bagi umat manusia (That’s one small step for a man, one giant leap for mankind)."

Huruf "a" sebelum "man" telah hilang, diduga akibat putusnya transmisi saat siaran televisi berlangsung atau mungkin berubah menjadi kabur akibat polla pembicaraan Armstrong.

Menurut buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong, sang kosmonaut berkata, "Saya tidak terlalu pandai berbicara. Mungkin itu adalah suara yang tertekan, yang tidak berhasil ditangkap oleh mikrofon. Seperti yang telah saya dengarkan, kalimat tersebut tidak berbunyi seperti saat huruf itu (a) ada di sana. Di sisi lain, saya pikir orang-orang akan menyadari bahwa saya tidak sengaja membuat pernyataan konyol, dan tentu saja hanya karena 'a', sebab ini satu-satunya cara agar pernyataan saya menjadi masuk akal. Saya berharap bahwa sejarah akan memberikan saya kelonggaran untuk menjatuhkan suku kata itu dan memahami bahwa ini yang sesungguhnya dimaksudkan, bahkan jika kalimat saya tidak dikatakan --meskipun sebenarnya mungkin begitu."

Armstrong mengklaim pernyataan tersebut sebagai ucapan yang spontan, tetapi adik laki-lakinya, Dean, menyebut bahwa ia telah menuliskan kalimat itu sebelum misi Apollo 11 diluncurkan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2OtbWMY

No comments:

Post a Comment