Pages

Thursday, September 27, 2018

Lima Kunci Supaya Produksi Motor Listrik Gesits Berjalan Mulus

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan panjang proses produksi motor listrik Gesits siap menuju titik akhir. Motor karya bangsa ini, bakal diproduksi oleh perusahaan hasil kerjasama antara PT Gesits Technologi Indo (GTI) dan PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, bernama PT Wika Manufaktur Industri (WMI).

Selain itu, produksi motor karya anak bangsa ini juga didukung oleh akademisi, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan dari pemerintah, juga terlibat BUMN yang ahli di bidangnya, seperti PT Pindad (Persero), PT Len Industri (Persero), dan PT Pertamina (Persero).

Sementara itu, untuk pihak swasta juga didukung perusahaan gawai PT Telekomununikasi Selular (Telkomsel).

Meskipun sudah didukung berbagai elemen industri yang kuat, produksi motor ramah lingkungan asli milik Indonesia ini juga butuh dukungan pemerintah. Berbagai hal bisa dilakukan, mulai dari regulasi, limbah baterai, dan juga pengurusan uji tipe motor listrik Gesits.

Berikut, lima kunci dukungan pemerintah agar persiapan produksi motor listrik Gesits berjalan mulus:

1) Diperlukan dukungan dari pemerintah (Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian) untuk percepatan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dam Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) (dari 28 hari kalender ke 14 hari kalender)

2) Dukungan Pemerintah dalam penyedia sumber energi listrik (Pertamina) dengan standarisasi packing dan swapping system

3) Diperlukan regulasi untuk pembebasan pajak dan bea masuk atas import komponen sampai dapat diproduksi di dalam negeri dan merk nasional

4) Dukungan Perguruan Tinggi untuk pengembangan varian baru

5) Mempersiapkan Industri pendukung untuk pengelolaan limbah baterai

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2NNvjjz

No comments:

Post a Comment