Pages

Wednesday, September 26, 2018

Selain Atur Jumlah Anak, Ini 6 Manfaat Utama KB

Liputan6.com, Jakarta Program Keluarga Berencana (KB) bukan cuma sekadar bermanfaat mengatur jumlah anak dan kehamilan. Ketika wanita merencanakan kehamilan, ini juga bermanfaat jangka panjang untuk kesehatannya.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Cipto Mangunkusumo Andon Hestiantoro mengatakan ada enam manfaat utama yang bisa wanita dapat dengan menjalankan program KB.

1. Menghargai hak ibu mengendalikan kesuburan

Kesiapan hamil merupakan aspek penting sebelum memiliki anak. Dengan merencanakan kehamilan lewat aneka metode kontrasepsi membuat wanita sudah siapkan diri dengan asupan nutrisi yang cukup.

"Banyak pasien saya yang kekurangan vitamin D, itu artinya kita tidak mempersiapkan kehamilan. Padahal, perempuan hamil yang kekurangan vitamin D memiliki risiko preeklampsia dan prematur," kata Andon dalam diskusi Hari Kontrasepsi Sedunia yang digelar bersama Bayer di Jakarta ditulis Rabu (25/9/2018).

Tak cuma mempersiapkan kehamilan, ibu juga memiliki edukasi bisa memberikan ASI selama dua tahun, serta fokus mengasuh si Kecil sebelum kehadiran adiknya.

2. Melindungi ibu dari gangguan reproduksi

Informasi kesehatan reproduksi membuat para wanita jadi paham tubuhnya. Sehingga terhindar dari kehamilan terlalu muda dan tua.

Lalu, ibu yang baru melahirkan jadi tahu bahwa bisa menggunakan kontrasepsi agar tidak hamil terlalu dekat. Karena hamil terlalu dekat meningkatkan risiko preeklmapsia dan bayi lahir prematur.

Saksikan juga video menarik berikut:

Tidak ingin menambah momongan dan menggunakan pil KB, Nirina Zubir dan Ernest Fardiyan lebih memilih dua anak cukup.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2N1oIws

No comments:

Post a Comment