Pages

Sunday, November 11, 2018

Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri di Rumah, Kenyal dan Enak

Liputan6.com, Jakarta Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Cara membuat bakso sapi sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Cara membuat bakso sapi sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni 'daging giling'. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Cara membuat bakso sapi pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara membuat bakso sapi pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2zLEdns

No comments:

Post a Comment