Pages

Monday, May 27, 2019

Catat, Ini 10 Bagian Mobil yang Bisa Dicek Sendiri di Rumah Sebelum Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Tidak jarang pemilik mobil yang memiliki hobi membongkar mobil sendiri di rumah, tanpa harus membawanya ke bengkel. Begitu juga saat mempersiapkan kendaraan untuk dibawa mudik, yang memungkinkan bisa dilakukan sendiri.

Namun, mobil yang beredar saat ini, kebanyakan sudah dilengkapi sistem komputerisasi. Sehingga, sangat sulit bagi pemilik mobil yang memang memiliki hobi bongkar mobil sendiri.

Tapi tidak perlu khawatir, masih ada beberapa bagian yang memang bisa dicek tanpa harus membawa ke bengkel resmi.

berikut, 10 bagian mobil yang bisa diperiksa secara manual, seperti disitat dari laman resmi Auto2000:

1) Oli mesin

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan antar komponen. Dengan begitu, mesin dapat bekerja secara optimal dan punya daya tahan yang memadai terhadap kerusakan.

Oli mesin juga punya tugas lain. Ia membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoran yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin.

Makanya, pastikan volume mesin sesuai takaran dengan mengeceknya via tongkat pengukur ketinggian oli mesin alias dipstick. Kalau di bawah batas maksimal, segera tambah.

Saking sibuk, bisa saja Anda alpa mengganti oli mesin sehingga batas tersebut terlampaui. Padahal, seiring waktu peforma oli mesin bakal menurun. Jika dibiarkan, maka oli mesin akan rusak.

Oli tidak lagi mempunyai kemampuan dasar sebagai pelumas. Kalau sudah begini, risikonya mesin mobil akan cepat rusak. Bahkan di kondisi terburuk, mesin mobil Anda wajib turun mesin.

Namun bukan berarti mobil yang jarang dipakai terhindar dari potensi masalah. Itu lantaran sifat kimia oli mesin akan berubah seiring waktu. Sehingga performanya juga akan berubah dan tidak lagi sesuai yang dibutuhkan.

Belum lagi ada risiko terkontaminasi dengan uap air yang dibawa oleh udara. Dalam jangka panjang bisa menimbulkan karat di ruang mesin. Makanya, segera ganti oli mesin mobil Anda untuk persiapan mudik.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2HDMnn7

No comments:

Post a Comment