Pages

Monday, May 27, 2019

Hati-Hati, Suka Menunda Hal ini Bikin Keuangan Berantakan!

Beberapa orang menganggap investasi adalah kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh seseorang dengan pendapatan yang tinggi saja. Pada kenyataannya, siapapun yang sudah memiliki pemasukan rutin dapat dengan mudah terjun ke dunia investasi.

Investasi dapat memberikan hasil yang lebih baik ketika Anda melakukannya segera setelah mendapatkan pekerjaan atau penghasilan yang memadai. Anda tidak perlu mengambil banyak bagian dari gaji untuk berinvestasi.

Bahkan, dengan menyisihkan sekitar sepuluh persen saja, Anda sudah bisa mulai berinvestasi. Semakin awal Anda melakukan investasi, semakin cepat pula untuk bisa mendapatkan keuntungannya.

Kebalikannya, jika menunda untuk memulainya, maka semakin lama pula keuntungan untuk bisa Anda dapatkan.

3. Menunda untuk Melunasi Pinjaman dan Tagihan Rutin

Di waktu tertentu, kadang seseorang terpaksa berutang karena hal tersebut merupakan satu-satunya jalan keluar ketika mendadak muncul masalah keuangan. Apabila anggaran keuangan Anda tidak bisa terkelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan utang yang dimiliki akan membuat sirkulasi finansial menjadi tidak terkontrol.

Tak jarang hal seperti ini bisa menimbulkan masalah-masalah baru yang lebih memberatkan. Terlebih lagi jika pembayaran Anda lakukan setelah melewati batas akhir atau deadline, pasti akan dikenakan denda.

Disamping utang, tanggungan rutin, seperti listrik, air bersih, dan internet juga harus segera dipenuhi. Sama dengan membayar cicilan utang, jika membayar tagihan melebihi batas akhir yang telah ditentukan, Anda tentu harus membayar denda.

Jika memiliki kebiasaan menunda pembayaran tagihan atau pinjaman, maka sama saja Anda menambah beban diri Anda sendiri. Alasannya yaitu karena Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar denda ketika telat melakukan pembayaran.

Efek jangka panjang jika Anda memiliki kebiasaan menunda pembayaran atau bahkan menunggaknya yaitu buruknya rekam jejak atau skor kredit Anda dalam penilaian pemberi pinjaman. Oleh karena itu, pastikan melunasi segala tanggunggan sebelum batas akhir waktu pembayaran agar masalah tambahan lainnya tidak Anda alami.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2Ez8iKi

No comments:

Post a Comment