Pages

Monday, May 27, 2019

Ilmuwan Temukan Air dari Zaman Es yang Tidak Pernah Tersentuh

Para peneliti yang akan menerbitkan temuannya dalam Jurnal Geochimica et Cosmochimica Acta Edisi Juli 2019 itu sempat menguji komposisi sampel air. Mereka terkejut, menemukan bahwa air itu ternyata sangat asin - jauh lebih asin daripada apa yang di Samudera Hindia saat ini.

Mereka juga melakukan lebih banyak tes lagi untuk melihat elemen-elemen spesifik dan isotop (versi elemen) yang membentuk air. Hasilnya, semua tampak tidak seperti air dalam lautan modern.

Faktanya, segala sesuatu tentang sampel ini menunjukkan bahwa air itu berasal dari suatu masa ketika lautan secara signifikan lebih asin, lebih dingin dan lebih diklorinasi. Dan hal itu persis sama seperti yang diperkirakan pernah terjadi selama Zaman Es, khususnya The Last Glacial Maximum.

"Dari semua indikasi tersebut, sepertinya cukup jelas saat ini kita memiliki bagian sebenarnya dari lautan yang berusia 20.000 tahun," kata pemimpin riset terkait, Clara Blättler, asisten profesor ilmu geofisika di University of Chicago, dalam sebuah pernyataan.

Sampel baru itu disebut-sebut memberikan pandangan langsung tentang pada bagaimana laut bereaksi terhadap perubahan geofisika dari zaman es terakhir. Hal itu dapat membantu memahami dunia kita yang terus berubah.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2HDR6Fx

No comments:

Post a Comment