Pages

Monday, May 27, 2019

Quraish Shihab: Makna Sifat Allah, Al Halim

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Mutiara Hati SCTV, cendekiawan muslim sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran, Quraish Shihab memaparkan sifat Allah, Al-Halim.

Kata Al-Halim biasa diterjemahkan dengan maha penyantun. Dari segi bahasa, kata Halim diartikan sebagai tidak tergesa-gesa, mampu menahan diri.

Allah SWT Halim. Allah tidak tergesa-gesa, sebaliknya manusia banyak yang tergesa-gesa. Manusia tergesa-gesa bisa dikarenakan emosinya meluap-luap sehingga tidak dapat menahan diri.

Bisa jadi manusia tidak tergesa-gesa, karena ada keraguan, tidak tahu, tidak mampu, sehingga menunda hal-hal dan sebagainya.

Hal ini tidak dilihat pada diri Allah SWT. Allah tidak ragu dan bukannya tidak tahu serta takut. Tetapi Allah tidak tergesa-gesa untuk memberi kesempatan kepada manusia untuk memperbaiki diri.

Allah juga tidak tergesa-gesa untuk memberi kesempatan tidak merasa dia di dada oleh Allah. Dia pun tidak tergesa-gesa untuk menanti waktu yang tepat guna memberikan balasan atau ganjaran.

Allah tidak tergesa-gesa karena memang di dunia ini bukan tempat pembalasan yang utuh dan penuh. Allah juga tidak tergesa-gesa agar memberikan ganjaran yang sempurna di akhirat dan Allah juga tidak tergesa-gesa karena memang dia maha penyantun.

Allah tidak tergesa-gesa untuk memberi kesempatan kepada manusia untuk memperbaiki diri.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2EzTsTI

No comments:

Post a Comment